FIM Asian Road Racing Championship Seri 2

14Sirkuit Sentul – Minggu kemarin (07/06), Sirkuit Sentul menjadi tuan rumah ajang bergengsi balap motor Asia “FIM Asian Road Racing Championship”. Ajang ini merupakan seri kedua, dimana seri pembuka diadakan di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Dalam event ini 5 kelas yang diperlombakan, antara lain; Supersports 600cc, Underbone 130cc, Asia Production 250cc, Asia Dream Cup dan Suzuki Asian Challenge.

FIM ARRC dimulai dengan race pertama dari kelas Asia Production. Namun race baru berjalan 3 lap, Racing Commite menghentikan balapan, lantaran terjadi insiden di R4. Banyaknya pembalap yang terjatuh itu disebabkan oli yang bocor dari pembalap Jepang, Reina Shiraishi. Dikarenakan kondisi lintasan yang tidak memungkinkan, akhirnya pimpinan perlombaan menghentikan race kelas tersebut. Sedangkan race kedua yang dilakukan siangnya, duo pembalap Thailand dari tim AP Honda Racing Thailand, Apiwat Wongthananon diposisi pertama dan Nakarin Atiratphuvapat kedua, sementara posisi ketiga ditempati pembalap Jepang, Takehiro Yamamoto.

16Di kelas Supersports 600cc, red flag kembali berkibar. Keseruan kelas ini terhenti karena terjadi kecelakaan yang menimpa pembalap Malaysia Md. Zamri Baba. Ketika masuk di tikungan S besar Motor Pembalap Malaysia itu terpelanting hingga membuat pembalap tersebut terjatuh lalu Dimas Ecky yang menempel ketat dibelakangnya berusaha menghindari insiden tersebut, namun naas motor yang dikendalikan Dimas Ecky tersebut mengenai tubuh Pembalap tim Musashi Boon Seow Honda Racing itu. Sebelum kejadian itu berlangsung, Zamri Baba yang saat itu diposisi ketiga dibelakang M. Fadli dan Yudhistira. Race pertama itu ditutup dengan kemenangan dua  pembalap asal Indonesia Yudhistira diposisi pertama diikuti M Fadli diposisi kedua serta pembalap Jepang Yuki Ito diposisi ketiga.

Tak sampai disitu, insiden mengerikan pun terjadi kembali di race kedua kelas Supersports 600cc. Kali ini pembalap Indonesia andalan Astra Honda Racing Team, M. Fadli Immanudin dan pembalap Thailand dari tim AP Honda Racing Thailand, Jakkrit Sawangswat. Peristiwa tersebut bermula kala M. Fadli yang sedang melakukan selebrasi kemenangan dengan memperlambat motornya dan melambaikan tangan ke arah penonton setelah finish terdepan di race kedua, namun disaat bersamaan Jakkrit yang telah finish diposisi keenam melaju dengan cepat dan langsung menabrak Fadli hingga keduanya tersungkur ke lintasan. Bahkan Fadli harus mengalami cedera serius pada kakinya.

Di kelas Underbone 130cc, pembalap Malaysia Norizman Ismail menjadi yang tercepat di race pertama diikuti dua pembalap Indonesia Gupita Kresna di posisi kedua dan Ferlando Herdian di posisi ketiga. Sedangkan di race kedua pembalap tim Manual Tech KYT Rextor, Gupita Kresna berhasil merebut posisi pertama diikuti pembalap Malaysia Md. Affendi Rosli dan lagi-lagi pembalap Indonesia lainnya, Ferlando Herdian berhasil finish di posisi ketiga.

Sementara itu dari kelas Asia Dream Cup, pembalap wanita asal Thailand Muklada Sarapuech berhasil menjuarai race pertama setelah melewati pertarungan seru, diikuti pembalap Jepang Yusuke Nakamura di posisi kedua dan pembalap Malaysia Hafiz Nor Azman di posisi ketiga. Di race kedua giliran Yusuke Nakamura yang finish terdepan disusul Muklada sarapuech di posisi kedua dan Hiroki Nakamura di posisi ketiga.

Sedangkan dari kelas Suzuki Asian Challenge, tiga pembalap Suzuki Indonesia mundur dari kelas ini. Sontak saja membuat pihak Suzuki Indomobil Sales menyayangkan perihal tersebut. Padahal di seri sebelumnya mereka berhasil mengibarkan bendera merah putih di Sepang. Diseri kedua ini pembalap India Jagan Kumar berhasil finish pertama diikuti oleh pembalap Thailand Patis Chooprathet diposisi kedua dan pembalap Malaysia Muhammad Zulhilmi Yazid diposisi ketiga.