Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) Seri 1 2018

Sirkuit Sentul – Minggu kemarin (25/03), Sirkuit Sentul kembali menggelar Kejuaraan Nasional Balap Mobil yang bertajuk “Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM)”. Ajang bergengesi balap mobil yang di prakarsai Sirkuit Sentul yang bekerja sama dengan ABM Enterprise ini rencananya akan di gelar sebanyak 7 seri di tahun 2018.

Pada gelaran event kali ini, tidak ada perubahan kelas dari tahun sebelumnya hanya penambahan 2 kelas yang diperlombakan, yaitu kelas BMWCCI One Make Race dan Kejurnas ITCC 1600 max.

Seri pembuka ISSOM 2018 berlangsung sengit dan menarik. Keseruan tersaji dengan banyaknya pembalap-pembalap baru yang bermunculan dan memberikan perlawanan-perlawanan terhadap pembalap lainnya.

Dari kelas Kejurnas Indonesia Touring Car Championship (ITCC), kelas terbagi dalam 2 pertandingan, yaitu; kelas Kejurnas ITCC 1500 dan Kejurnas 1600 Max. Dalam kelas Kejurnas ITCC 1600 Max persaingan sengit kembali diperlihatkan Toyota Team Indonesia dan Honda Racing Indonesia, dimana kedua pembalap dari masing-masing tim saling bersaing untuk merebut posisi terdepan. Juara Nasional tahun lalu, Haridarma dari tim Toyota Team Indonesia mengawali perlombaan dengan start terdepan harus rela tidak bisa melanjutkan balapan karena mobilnya mengalami kendala ketika balapan baru berjalan 1 lap.

Dengan keluar lintasannya Haridarma, Pembalap Honda Racing Indonesia, Alvin Bahar otomatis memimpin perlombaan. Alvin memimpin dan terus di tempel oleh pembalap tim Toyota lainnya, Demas Agil hingga di pertengahan perlombaan. Akhirnya perlahan tapi pasti, Demas berhasil mengambil kesempatan untuk mengovertake dan mengambil alih posisi pertama Alvin Bahar. Tak berselang lama rekan setim Demas, Alinka berhasil menyusul Alvin. Alvin Bahar sendiri tak berhasil finish setelah mengalami kendala di lap 11.

Demas Agil pun berhasil finish di posisi pertama diikuti Alinka Hardianti dengan selisih waktu 2.760 detik. Posisi ketiga ditempati Pembalap dari tim Honda Pekanbaru JR, Yulianto Adi dengan selisih waktu 8.756 detik.

Sedangkan dari kelas Kejurnas ITCC 1500, Fitra Eri dari tim Honda Bandung Center berhasil menempati posisi pertama diikuti M. Ferrel Fadhil dari tim FRL Motorsport diposisi kedua dengan selisih waktu 1.923 detik, sedangkan posisi ketiga ditempati pembalap tim Honda Racing Indonesia, RIO SB dengan selisih waktu 2.645 detik.

Sementara itu dari kelas Sentul Super Touring Championship #1 (2100-3600cc), Benny Santoso dari tim Sigma Speed dengan mobil BMW E46 nya berhasil finish di posisi pertama, posisi kedua ditempati pembalap senior dari tim Fastron Jakarta Ban Racing Team, Rudi SL yang menggunakan mobil Porsche dengan selisih waktu 0.250 detik. Sedangkan posisi ketiga ditempati Gerhard Lukita dari tim ABM Motorsport dengan selisih waktu 8.855 detik.

Dari kelas Sentul Super Touring Championship #2 (1600cc-Retro dan SCC) posisi pertama ditempati Wahyu Kumoro dari tim Garden Speed, posisi kedua ditempati pembalap dari Sigma Speed, Imin Brata dan posisi ketiga ditempati Umar Abdullah dari tim Bank BJB Delta Garage.